Di Indonesia, angka penjualan mobil sedan Toyota bisa dibilang tidak bergairah sejak sepuluh tahun terakhir. Munculnya tren mobil keluarga membuat sedan semakin banyak ditinggalkan. Konsumen nampaknya lebih senang menetapkan pilihannya kepada mobil-mobil lapang berjenis MPV seperti Avanza dan SUV seperti Rush. Padahal mobil sedan Corolla pernah menjadi mobil sedan Toyota paling laris di masanya. Penasaran seperti apa sejarah mobil sedan Toyota Corolla di Indonesia, berikut ulasannya.

Mobil sedan Toyota memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Toyota pertama kali meluncurkan sedan Corolla di Indonesia pada tahun 1970. Pada saat itu, jenis Corolla yang dipasarkah ialah generasi kedua berjulukan Corolla KE20. Corolla yang lebih populer dijuluki Corolla Betawi ini memiliki ciri khas headlamp bulat dan paling banyak ditemui melenggang di jalanan besar ibu kota Jakarta.

Sedan Toyota Corolla menjadi primadona kendaraan pribadi Tanah Air sampai sekitar tahun 1980an. Kala itu, pemerintah mendapat dorongan agar penjualan Toyota Kijang dapat ditingkatkan. Untuk itu, angka penjualan Toyota Corolla harus ditekan. Caranya ialah dengan menetapkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPNBM) yang lebih tinggi terhadap kendaraan jenis sedan, khususnya Toyota Corolla.

Tak ayal, citra sedan sebagai kendaraan mewah pun masih bertahan hingga kini. Tak tanggung-tanggung generasi Corolla ke-11 yang berjulukan Corolla Altis pun semakin mengusung konsep mewah dan elegan dengan segudang fitur-fitur menarik. Di samping sedan mewah Corolla Altis dan Camry, Toyota juga mulai mempopulerkan sedan menengah yang tak kalah elegan layaknya Toyota Vios. (IA)

Tag: Sejarah Mobil Sedan, Toyota Corolla, Mobil Sedan Toyota, Mobil Sedan Toyota Paling Laris, Corolla Betawi, Corolla Altis, Camry, Toyota Vios